Isi Blog

Tuesday, January 26, 2016

Play Time!: Bagaimana Mendownload Game Android yang Belum Tersedia Di Indonesia

Adalah sesuatu yang menyebalkan ketika ada aplikasi baru yang sedang hype di negara lain tetapi belum dapat dinikmati di Indonesia.
Ketika kita mencari aplikasi tersebut di Playstore, aplikasi tersebut belum ditemukan. Bila kita mencari di playstore versi laman web, laman web tersebut akan mengatakan bahwa aplikasi tidak kompatibel dengan device anda. Game yang membuat saya keki setengah mati adalah Terra Battle. Game ini sempat hype di Jepang karena digarap oleh para master di dunia game macam Nobuo Uematsu, Hideo Minaba, Manabu Kusunoki, dst. Terra Battle memiliki genre RPG dan free to play, tentu saja sebagai penggemar RPG saya ngebet banget mencicipi gameplay Terra Battle. Hanya saja sampai tahun berganti, game ini belum juga nangkring di Play Store region Indonesia.

Setelah googling, cara paling mudah untuk memainkan game ini adalah:
1. Install apk yang didownload dari tempat selain Play Store
2. Menggunakan VPN untuk akses Play Store dari region yang sudah kebagian game ini

Cara pertama sudah pernah saya coba tahun lalu dengan HP Smartfren Andromax U2 dan tidak berhasil, entah karena versi aplikasinya sudah ketinggalan jaman atau HPnya memang tidak mumpuni. Saya memutuskan untuk menggunakan cara kedua, yaitu menggunakan VPN.

VPN digunakan untuk "menyamarkan" IP address yang kita gunakan dalam ber-internet ria. Menurut beberapa pendapat di dalam forum dan blog lain, aplikasi VPN yang nggak ribet dan gampang digunakan adalah Tunnel Bear, aplikasi ini dapat didownload secara bebas di Play Store. Tunnel Bear memberikan 500 mb gratis akses menggunakan VPN selama 1 bulan. Untuk akses tanpa batas, kita harus bersedia berlangganan sebesar Rp. 93.167 sebulan, atau bila hanya untuk device android Rp. 53.182 sebulan. 

Setelah mendownload aplikasi Tunnel Bear, pilih region yang anda inginkan dan connect. Setelah beres, langkah selanjutnya adalah membersihkan cache dan data dari Google Play Store lewat Setting/Pengaturan. Beberapa forum mengatakan bahwa tidak perlu menghapus data Play Store, hanya cache, tetapi ini nggak berhasil dalam kasus saya.


Langkah terakhir adalah menjalankan aplikasi Google Play Store dan mendowload aplikasi yang kamu inginkan. Cara ini belum saya praktekkan untuk mendownload aplikasi berbayar, baru aplikasi gratis. Jika para pembacara mempunyai pengalaman mendownload aplikasi berbayar via VPN, kalian dapat membagi pengalaman di kolom komentar yang disediakan.

Semoga tips ini dapat membantu teman-teman semua yang sedang mengalami masalah serupa. Bila kalian mempunyai kesulitan menjalankan Terra Battle setelah mendownload aplikasinya, kalian dapat membaca posting selanjutnya mengenai Terra Battle

Sampai jumpa semuanya 

UPDATE!
Kemarin saya melakukan settingan VPN untuk smartphone teman saya dengan SIM card dari telkomsel. Setelah melakukan cara yang sama persis dengan apa yang saya lakukan sebelumnya, hasilnya nihil, playstore tetap terkunci di region Indonesia. Usut punya usut, ternyata nomer telfonnya terkunci lewat temkomsel billing, hal ini sebenernya terjadi juga pada nomor telfon saya yang terkunci lewat indosat billing. Bila cara pembayaran untuk aplikasi di google play ini tetap aktif, maka akun kita tetap akan terbaca mengakses dari region Indonesia.

Cara untuk mengakses Google Play Store dari nomer telfon yang sudah terkunci oleh provider masing-masing ternyata sangat sederhana, cukup buat akun google baru dan kosongkan cara pembayaran aplikasi di Play Store. Setelah kita lakukan pengaturan vpn, menghapus cache dan data Google Play Store, login Google Play Store lewat akun google baru "kosongan" tadi, niscaya anda akan dapat mengakses Google Play Store dari region yang anda inginkan, it's working like magic! 

No comments:

Post a Comment